SELAMAT DATANG & SELAMAT MEMBACA
NGURAH@SAINS'BLOG

Senin, 08 Februari 2021

Refleksi Modul 2.1

“Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia. Refleksi tanpa belajar itu berbahaya.”     

(Confucius)


Bahan renungan sebelum refleksi

·     Praktek pembelajaran berdiferensiasi akan lebih efektif apabila kita mulai dengan pemetaan murid yang akurat berdasarkan minat, kesiapan belajar dan profil belajar murid. Berdasarkan data itu kita buatkan rencana pembelajaran yang sesuai hasil pemetaan, dengan strategi diferensiasi konten, proses atau produk. Perencanaan strategi juga harus disesuaikan dengan materi apakah konten proses atau produk. Praktek pembelajaran berdiferensiasi disosialisasikan terlebih dahulu ke murid sehingga persiapannya benar benar matang dan terencana.

·    Pendekatan yang seharusnya saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak pada murid seperti diferensiasi konten diferensiasi proses dan diferensiasi produk, disesuaikan dengan tingkat kesiapan murid.

·  Sikap positif sangat diperlukan meskipun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini bisa dilakukan dengan terus bergerak maju dengan ide ide positif dan budaya positif diri mengimplementasikan semua ilmu yang diperoleh sehingga hasil nyata dapat dilihat oleh teman teman sejawat lainnya.

 


1. Materi yang menurut saya dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran  di kelas adalah pembelajaran berdiferensiasi karena penerapan pembelajaran berdiferensiasi akan mengakomodasi kebutuhan belajar setiap murid yang berbeda beda. Inii bisa menjadi solusi pembelajaran untuk memecahkan berbagai permasalahan belajar.

2.    Yang sulit untuk diterapkan menurut saya adalah membuat persiapan pengembangan materi jika kita ingin menerapkan diferensiasi konten, seberapa materi standard dan sebarapa materi pengembangan. Karena kita harus tahu seberapa berkembangya wawasan murid, seberapa kritisnya pola pikir murid dan seberapa pahamnya mereka dengan materi.

3.     Jika saya harus menerapkan hal yang sulit tersebut, saya memerlukan dukungan penuh dari semua pihak seperti dari teman sejawat untuk bersama sama menganalisis hasil pemetaan belajar murid, dukungan dari kepala sekolah untuk bisa mengkondisikan teman teman sejawat dalam rangka mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan dukungan dari orang tua murid dalam mendampingi anak anaknya.

4.   Jika saya menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar murid saya tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi maka saya akan mengambil resiko untuk memodifikasi pembelajaran sesuai dengan pertimbangan situasi dan kondisi kelas, kondisi psikologis murid, kondisi media yang mendukung dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan pelayanan terhadap murid dengan berbagai latar belakang minat, gaya belajar dan kesiapan belajarnya, sehingga semua murid bisa terpenuhi kebutuhan belajarnya.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEWUJUDKAN SEKOLAH SEBAGAI RUMAH KEDUA MELALUI PROGRAM GEMA LIBAS

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 3.3 MEWUJUDKAN SEKOLAH SEBAGAI RUMAH KEDUA MELALUI PROGRAM GEMA LIBAS