“Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia. Refleksi tanpa
belajar itu berbahaya.”
(Confucius)
Bahan
renungan sebelum refleksi
· Praktek
pembelajaran berdiferensiasi akan lebih efektif apabila kita mulai dengan
pemetaan murid yang akurat berdasarkan minat, kesiapan belajar dan profil
belajar murid. Berdasarkan data itu kita buatkan rencana pembelajaran yang
sesuai hasil pemetaan, dengan strategi diferensiasi konten, proses atau produk.
Perencanaan strategi juga harus disesuaikan dengan materi apakah konten proses
atau produk. Praktek pembelajaran berdiferensiasi disosialisasikan terlebih
dahulu ke murid sehingga persiapannya benar benar matang dan terencana.
· Pendekatan
yang seharusnya saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
yang berpihak pada murid seperti diferensiasi konten diferensiasi proses dan
diferensiasi produk, disesuaikan dengan tingkat kesiapan murid.
· Sikap
positif sangat diperlukan meskipun banyak tantangan dalam penerapan
pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini bisa dilakukan dengan terus bergerak maju
dengan ide ide positif dan budaya positif diri mengimplementasikan semua ilmu
yang diperoleh sehingga hasil nyata dapat dilihat oleh teman teman sejawat
lainnya.
1. Materi
yang menurut saya dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan
pembelajaran di kelas adalah pembelajaran berdiferensiasi karena
penerapan pembelajaran berdiferensiasi akan mengakomodasi kebutuhan belajar setiap
murid yang berbeda beda. Inii bisa menjadi solusi pembelajaran untuk memecahkan
berbagai permasalahan belajar.
2. Yang
sulit untuk diterapkan menurut saya adalah membuat persiapan pengembangan materi
jika kita ingin menerapkan diferensiasi konten, seberapa materi standard dan sebarapa
materi pengembangan. Karena kita harus tahu seberapa berkembangya wawasan
murid, seberapa kritisnya pola pikir murid dan seberapa pahamnya mereka dengan
materi.
3. Jika
saya harus menerapkan hal yang sulit tersebut, saya memerlukan dukungan penuh dari
semua pihak seperti dari teman sejawat untuk bersama sama menganalisis hasil
pemetaan belajar murid, dukungan dari kepala sekolah untuk bisa mengkondisikan
teman teman sejawat dalam rangka mendukung implementasi pembelajaran
berdiferensiasi dan dukungan dari orang tua murid dalam mendampingi anak
anaknya.
4. Jika
saya menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar murid saya tidak dapat
diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi maka saya akan mengambil resiko
untuk memodifikasi pembelajaran sesuai dengan pertimbangan situasi dan kondisi kelas,
kondisi psikologis murid, kondisi media yang mendukung dan lain sebagainya. Hal
ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan pelayanan terhadap murid dengan berbagai
latar belakang minat, gaya belajar dan kesiapan belajarnya, sehingga semua
murid bisa terpenuhi kebutuhan belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar